Senin, 28 Juni 2010

Deferensiasi/Positioning

Pengaruh biaya Diferensiasi terhadap tingkat volume penjualan Setiap perusahaan mempunyai tujuan dan sasaran didalam melakukan kegiatan usahanya, salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan diferensiasi produk. Diferensiasiproduk merupakan kegiatan merancang serangkaian perbedaan yang bernilai dan bertujuan membedakan penawaran perusahaan tersebut dari penawaran perusahaan pesaing. Kegiatan diferensiasi produk yang dilakukan perusahaan dapat berupa diferensiasi mutu produk, harga produk, atau desain produk. Kegiatan Diferensiasi produk ini diharapkan dapat menambah nilai ekstra presepsi konsumen.
Dalam melakukan diferensiasi produk terlebih dahulu perusahaan harus melakukan riset pasar diantaranya dengan cara menganalisis produk, apakah produk yang dideferensiasi dapat diluncurkan kepasaran, menentukan sifat pasar serta meninjau seberapa besar kemampuan perusahaan dalam melakukan diferensiasi produk tersebut.
Untuk menilai kegiatan diferensiasi produk yang telah dilakukan oleh perusahaan apakah telah dapat meningkatkan volume penjualan maka perusahaan dapat melakukan suatu analisa perhitungan dengan cara perhitungan regresi dan korelasi, jika dari perhitungan tersebut menunjukan hasil peningkatan penjualan maka perusahaan dapat lebih mengkonsentrasikan kegiatan tersebut. Pada dasarnya kegiatan diferensiasi produk yang dilakukan oleh perusahaan dimaksudkan agar konsumen atau pembeli tidak mengalami kejenuhan akan suatu produk yang ditawarkan perusahaan sehingga mereka dapat melakukan pilihan dalam membeli dan diharapkan konsumen tetap loyal terhadap produk perusahaan sehingga volume penjualan dapat meningkat dan pesaing tidak dapat merebut pangsa pasar yang telah dimiliki oleh perusahaan.
Akhirnya penulis menyimpulkan konsumen mempunyai sifat selalu ingin tahu dan mencoba yang baru, seperti rasa, ukuran, desain dan lain-lain yang ditawarkan oleh perusahaan, dan jika dilihat dari kenyataan yang ada diferensiasi rasa pada Coca cola mempunyai pangsa pasar sendiri-sendiri hal ini mungkin disebabkan oleh faktor usia, lingkungan dan iklim.
Walaupun secara umum nama besar Coca cola Amatil tidak diragukan lagi, namun perlu kiranya dilakukan evaluasi dan tetap mempertahankan kualitas dan citra serta tidak berhenti melakukan inovasi-inovasi baru gar produk yang dihasilkan dapat lebih berpariatif dan mengantisipasi datangnya pesaing-pesaing baru yang akan merebut pasar yang telah ada yang dimiliki oleh perusahaan sebelumnya dan pasar baru yang akan diraih. Deskripsi Alternatif :
Setiap perusahaan mempunyai tujuan dan sasaran didalam melakukan kegiatan usahanya, salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan diferensiasi produk. Diferensiasi produk merupakan kegiatan merancang serangkaian perbedaan yang bernilai dan bertujuan membedakan penawaran perusahaan tersebut dari penawaran perusahaan pesaing. Kegiatan diferensiasi produk yang dilakukan perusahaan dapat berupa diferensiasi mutu produk, harga produk, atau desain produk. Kegiatan Diferensiasi produk ini diharapkan dapat menambah nilai ekstra presepsi konsumen.

Dalam melakukan diferensiasi produk terlebih dahulu perusahaan harus melakukan riset pasar diantaranya dengan cara menganalisis produk, apakah produk yang dideferensiasi dapat diluncurkan kepasaran, menentukan sifat pasar serta meninjau seberapa besar kemampuan perusahaan dalam melakukan diferensiasi produk tersebut.

Untuk menilai kegiatan diferensiasi produk yang telah dilakukan oleh perusahaan apakah telah dapat meningkatkan volume penjualan maka perusahaan dapat melakukan suatu analisa perhitungan dengan cara perhitungan regresi dan korelasi, jika dari perhitungan tersebut menunjukan hasil peningkatan penjualan maka perusahaan dapat lebih mengkonsentrasikan kegiatan tersebut. Pada dasarnya kegiatan diferensiasi produk yang dilakukan oleh perusahaan dimaksudkan agar konsumen atau pembeli tidak mengalami kejenuhan akan suatu produk yang ditawarkan perusahaan sehingga mereka dapat melakukan pilihan dalam membeli dan diharapkan konsumen tetap loyal terhadap produk perusahaan sehingga volume penjualan dapat meningkat dan pesaing tidak dapat merebut pangsa pasar yang telah dimiliki oleh perusahaan.

Akhirnya di simpulkan bahwa konsumen mempunyai sifat selalu ingin tahu dan mencoba yang baru, seperti rasa, ukuran, desain dan lain-lain yang ditawarkan oleh perusahaan, dan jika dilihat dari kenyataan yang ada diferensiasi rasa pada Coca cola mempunyai pangsa pasar sendiri-sendiri hal ini mungkin disebabkan oleh faktor usia, lingkungan dan iklim.

Walaupun secara umum nama besar Coca cola Amatil tidak diragukan lagi, namun perlu kiranya dilakukan evaluasi dan tetap mempertahankan kualitas dan citra serta tidak berhenti melakukan inovasi-inovasi baru gar produk yang dihasilkan dapat lebih berpariatif dan mengantisipasi datangnya pesaing-pesaing baru yang akan merebut pasar yang telah ada yang dimiliki oleh perusahaan sebelumnya dan pasar baru yang akan diraih.

1 komentar:

  1. titanium wok - TITIAN ART - TITE
    Titanium Wok - TITIAN ART. TITE - TITE - TITE - TITE. titanium wedding bands This website nipple piercing jewelry titanium is titanium quartz classified as titanium teeth dog "SITE" titanium phone case because it has the tags "TITE".

    BalasHapus